IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
GRAFIK
KOMPUTER
Grafik
computer atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang
yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital.
Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan
bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Bagian
dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Beberapa contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
Beberapa contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
- Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv banyak
menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV dan sampai
acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer
disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik sehingga
banyak penonton yang mau menyaksikan film tersebut.
CONTOH KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH
FILM
- Bidang Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan
penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua
materi yang telah diajarkan. tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk
dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik,
gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
CONTOH SEBUAH PRESENTASI
- Computer Art
Metode grafika komputer digunakan
dalam aplikasi commercial art dan fine art untuk menghasilkan karya-karya seni.
Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang
dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Hasil dapat berupa kartun, potret,
foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, Corel Painter, GIMP dan sebagainya.
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, Corel Painter, GIMP dan sebagainya.
- Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan
interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
CONTOH VIDEO GAME
- Desain
Dalam proses desain grafika komputer
terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya
Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan,
pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain. Pada beberapa
aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana diperlihatkan
keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan
wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.
CONTOH AUTOCAD
- Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.
Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan
dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya
akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
CONTOH
3D MAX
- Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang
seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek
dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk
memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer
yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi
biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung
sesungguhnya.
CONTOH APLIKASI VR
- Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi
untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif
dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan
manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, struktur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
CONTOH VISUALISASI DATA
PENGOLAHAN CITRA
Citra
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Operasi Pengolahan Citra
Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
- Peningkatan Kualitas Citra
(Image Enhancement)
- Operasi peningkatan kualitas
citra bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra.
- Pemulihan Citra (Image
Restoration)
Operasi pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.
Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.
Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.
Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
·
Bidang
Kesehatan
Digunakan untuk rontgen tubuh manusia
yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
·
Bidang
Visual
bisa digunakan untuk pemotretan
lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
·
Mikroskop
Elektron
adalah salah satu contoh dari
pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop
elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil
dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai
sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000
kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam
patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi
organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan
immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit
ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
CONTOH GAMBAR YANG DIAMBIL OLEH MIKROSKOP ELEKTRON
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar